Dinas Perikanan Salurkan Bantuan Sebesar Rp 1,2 milyar

Dinas Perikanan Salurkan Bantuan Sebesar Rp 1,2 milyar
Plt Kadis Perikanan Beltim : Yeni Sri Hartati

BELITUNG TIMUR - Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur menyalurkan bantuan bagi nelayan senilai Rp 1.211.930.759 pada tahun 2020 lalu. Untuk tahun 2021 ini bantuan akan diprioritaskan bagi nelayan budidaya.

Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Beltim Yenni Srihartati mengatakan tahun 2020 lalu bantuan yang diberikan kepada nelayan berupa hibah melalui Program Pengembangan dan Pengelolaan Perikanan Tangkap dan Program Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan. Ke dua program itu memberikan bantuan bagi total 202 nelayan di Kabupaten Beltim.  
“Sudah selesai disalurkan semua di tahun 2020 lalu. Kalau kita di Dinas Perikanan memang tidak ada bantuan langsung tunai. Bantuan yang disalurkan berupa barang untuk menunjang aktivitas dan perekonomian pelaku usaha perikanan, ” ungkap Yenni kepada Diskominfo Beltim, di ruang kerjanya, Senin (8/2/21).    

Pada Program Pengembangan dan Pengelolaan Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan memberikan bantuan Pengelolaan dan Pengembangan Ke Nelayanan. Bantuan diberikan bagi 150 nelayan, dengan anggaran senilai Rp 712.100.750 yang berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

 “Bantuan yang kita berikan berupa alat penangkapan ikan ramah lingkungan untuk nelayan di Kecamatan Dendang dan Kelapa Kampit dari DAK dengan penerima manfaat 35 nelayan. Kita juga memberikan pengadaan Alat Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan dari DID, untuk 115 nelayan, ” kata Yenni.

Sedangkan untuk Program Peningkatan Daya Saing Produk Perikanan, Dinas Perikanan memberikan bantuan Pembinaan dan Pengembangan Usaha Pengelolaan Produk Perikanan untuk 52 orang. Anggaran berasal dari DID dan APBD Kabupaten Beltim sebesar Rp 499.830.000.

“Bantuan yang diberikan berupa Pengadaan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Hasil Perikanan dari APBD, yakni kompor gas, chest freezer, hand sealer dengan penerima manfaat 22 Orang. Untuk bantuan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Hasil Perikanan  dari DID, misalnya Coolbox 220L, penerima manfaatnya : 30 Orang, ” ujar Yenni.   

Untuk program bantuan di Tahun 2021, Dinas Perikanan Kabupaten Beltim akan memfokuskan bantuan untuk perikanan budidaya. Setidaknya ada tiga jenis budidaya perikanan yang akan dikembangkan di tahun 2021 ini.

“Kita fokus ke budidaya ikan patin, udang paname, dan ikan kerapu. Untuk budidaya udang paname kita sudah ada beberapa investor yang mau masuk, sudah mengajukan izin lokasi dan usaha, ” ungkap Yenni.

Fokus ke budidaya perikanan ini juga dilakukan untuk membantu nelayan Kabupaten Beltim yang tidak setiap saat dapat melaut, terutama adanya musim sulit.

“Kita punya jaring apung yang didapat disewa nelayan. Nah di jarring apung inilah nelayan dapat membudidayakan ikan kerapu, jadi saat musim angin besar nelayan tangkap bisa beralih ke budidaya, ” uar Yenni. (@/hmf)

Dinas Perikanan Pemkab Beltim Beltim
Helmi

Helmi

Previous Article

Pandemi Covid-19 Pokja Wartawan Beltim Tetap...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 136

Postingan Tahun ini: 572

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 131

Postingan Tahun ini: 908

Registered: Sep 22, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas
banner

Follow Us

Recommended Posts

Mempertahankan Baju Kebaya Pakaian Khas Indonesia Resmi Nasional, Ini Juaranya
Tony Rosyid: Ditolak Kemenkumham, Moeldoko Berpeluang Menang di PTUN
Polres Belitung Timur Raih Juara Satu Umum Penilaian Kinerja Tingkat Polda Bangka Belitung
Tim Wasrik Polda Babel Lakukan Cek Fungsi Kesekretariatan Polres Belitung Timur 
Instruksi Bupati Belitung Timur Saat Ramadan Termasuk Tempat Hiburan Malam dan Rumah Makan